Selasa, 16 April 2013

ANALISISSIKRIPSI MOTIVASI KERJA DOKTER PEGAWAI NEGERI SIPIL DI KABUPATEN KEPULAUAN SULA



Universitas Hasanuddin Makassar
Fakultas Kesehatan Masyarakat
Jurusan Administrasi dan Kebijakan Kesehatan
2013

ABSTRAK

DAHYAR MASUKU, Analisis Motivasi Kerja Dokter PNS di Kabupaten Kepulauan Sula Tahun 2012, (dibimbing oleh Ir. Nurhayani, M.Kes dan Dr. Darmawansyah, SE.MS)
xi + 88 halaman + 6 Tabel + i.26 lampiran

Motivasi adalah alasan, dorongan yang ada di dalam diri manusia yang menyebabkan manusia melakukan sesuatu atau berbuat sesuatu. Motivasi dokter dapat dipengaruhi oleh faktor Kondisi Kerja, Hubungan Interpersonal, Bayaran/Upah dan Kebijakan Organisasi
Tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini adalah menganalisa motivasi kerja dokter PNS. Metode Penelitian Kualitatif dengan menggunakan teknik purposive sampling dengan kriteria Dokter PNS dan berada dilokasi saat dilakukan penelitian.
Penelitian menggunakan Teknik Wawancara mendalam, study dokumentasi dan observasi, selanjutnya dilakukan content analysis, data disajikan dalam bentuk narasi. Untuk menjamin kredibilitas data, maka dilakukan triangulasi. Jumlah informan dalam penelitian ini adalah 10 orang, yang terdiri dari 6 orang informan yang di gali motivasi kerjanya. 2 orang bendahara dan 2 orang pimpinan instansi yaitu Direktur RSUD dan Kepala Dinas Kesehatan
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa informan menganggap lingkungan kerjanya sudah aman dan nyaman meskipun dengan keterbatasan fasilatas sarana pelayanan kesehatan yang tersedia. Namun demikian, beberapa informan menganggap kalau beban kerjanya masih berat karena terbatasnya sumberdaya manusia, seperti tidak tersedianya dokter spesialis  sehingga dokter umum harus memegang peran ganda di rumah sakit. Penerimaan dan kerjasama dengan rekan kerjanya telah berjalan dengan baik termasuk juga dalam penyelesaian masalah yang dihadapi dalam melayani pasien. Begitu juga dengan penerimaan masyarakat, walaupun ada perbedaan budaya masyarakat setempat, sehingga dapat mengganggu dokter dalam melaksakan tugas. Penghasilan yang diterima oleh dokter PNS telah mencukupi kebutuhan hidup sehari-hari dan sesuai dengan beban kerjanya, Pegawai juga tidak berpartisipasi langsung dalam penyusuanan program kerja.
Saran kepada Pemerintah Daerah kiranya dapat lebih memperhatikan aspek-aspek yang dapat meningkatkan motivasi kerja dokter PNS dengan menyediakan fasilitas sarana pelayanan kesehatan yang memadai seperti Alat-alat kesehatan dan memberikan Insentif lebih besar kepada Dokter PNS yang bertugas di Daerah Sangat Terpencil, serta melibatkan dokter PNS dalam menyusun rencana program. Kepala Dinas Kesehatan dan Direktur Rumah Sakit agar hendaknya melakukan pembayaran Gaji/Insentif dokter PNS tepat waktu.

Kata kunci         :    Motivasi Kerja, Kondisi Kerja, Hubungan Interpersonal, Bayaran/Upah dan Kebijakan Organisasi
Kepustakaan     :    22

Tidak ada komentar:

Posting Komentar