Selasa, 06 Maret 2018

SAMBUTAN KETUA IKATAN KELUARGA KABAU CABANG KEPULAUAN SULA

Hari ini suasana terasa luar biasa, terasa seperti suasana lebaran, saya merasa seperti berada di ibu kota profinsi Maluku utara, karna disisi saya ada tong pung sesupuh dan adek2 dari ternate, ada tong pung sesepuh dan adek dari sanana dan ada tongpung orang tua2, om dan tante deng ade2 yang ada di kabau, biasa nya tong dengar dong pung nama saja, tong dengar dong pung suara lewat telpon saja, tong dengar dong dari orang2 pung cerita saja deng tong Cuma menghayal dong pung rupa saja. tapi kali dong samua pulang tengan tekad dan nazar yang sama, kabau itu satu. Semoga semangat ini terus berlanjut dan bernilai ibadah disisi Allah SWT.
Dalam sejarah panjang desa kabau, desa ini adalah desa yang paling tertua dari beberapa desa tetangga yang ada di kecamatan Sula besi barat, jika kita melihat kebelakang, dahulu desa nahi, desa ona dan desa kabau darat serta desa waiina merupakan pecahan dari desa kabau, terbentuknya desa baru sebagai akibat dari migrasi warga berkebun dan berbagai alasan lainnya yang salah satunya adalah karena konflik kepentingan antar warga desa.
Hingga saat ini kehidupan warga desa kabau terlihat harmonis dari luar akan tetapi jika kita telusuri kedalam ternyata banyak sekali gesekan kepentingan dan konflik konflik kecil terjadi hampir setiap saat, hal tersebut terjadi hanya karna persoalan sepele, yang paling sering terjadi adalah ketersinggungan sikap dan kata-kata antar satu dengan yang lain, masalah gengsih satu dengan yang lain hal inilah yang membuat retaknya persaudaraan antar sesama warga, kakak beradik sudah tidak lagi akur seperti masa kecil dahulu bahkan anak anak mereka pun mereka wariskan dendam dan sifat seng bisa baku bawa.
Ini saya anggap sebagai penyakit yang melanda desa kita dari dulu sampai sekarang, Keretakan ini lah sebagai awal dari sebuah kelemahan, kerapuhan dan kehancuran dan sangat rentan terhadap masuknya pengaruh dari luar yang membuat konflik ini tak pernah berakhir. Pada hal hanya persoalan kecil, yaitu diskomonikasi dispersepsi, cocok do ak moya, mananika moya, lal gamiha daka bagahia moya. Perlu kita sadari bahwa jika ini terus berlalu orang lain manfaatkan situasi ini untuk kepentingan mereka sehingga desa kita ini tetap begini, seng maju-maju, tertinggal dari segi pembangunan, sarana dan prasarana, baik dari pemerintah maupun dari non pemerintah. Pepatah mengatakan bahwa satu urat lidi tidak bisa dipakai untuk menyapu, tapi satu ikat lidi mampu membersihkan setumpuk sampah.
Saya yakin dan percaya kita semua punya satu tekad yang sama bahwa kabau ini harus sejajar dengan desa lain, kabau harus maju dari desa lain, kabau tidak lemah dari sisi sumber daya manusia, kabau tidak lemah dari sumber daya alam, kabau adalah desa tertua, kabau adalah kecamatan tertua, kabau adalah kecamatan yang punya kontribusi besar terhadap pemekaran kabupaten kepulauan sula. Jika saya ibaratkan kabau ini adalah seorang pejuang maka saat ini dia sudah pensiun dan mendapatkan gelar veteran, namun fiteran yang ngiris hidupnya berbeda dengan pejuang yunior yang masih merasakan indahnya hidup mereka.
Saat ini adalah waktu yang tepat, waktu yang pas, ini saya sebut dengan era kebangkitan, era kejayaan, marilah kita bersatu, marilah kita rajut kembali keretakan kehidupan sosyal yang ada saat ini dengan satu tekad bukan sekarang kapan lagi, bukan kita siapa lagi, kabau Cuma satu didarat dan dilaut itu semua kabau Cuma kita terpisah dengan tahaga, buanglah rasa dendam, lepaslah lah rasa egois, letakkan lah rasa kebesaran antara kita, marilah kita raih kejayaanini, singkirkan kepentingan indifidual, singkirkan kepentingan kelompok gantikan dengan semangat kabau itu satu dan tetap satu mulai dari saat ini sampai kapanpun tetapsatu.
Sanohi do pia matua kit mata pia kabau ik jika tagaris silsilah bia kabau fai maga kabau tema, yon hifa tik yon hata, yon fai tik yon tema, kit ik pai basa hia moya, i mana basanohi do ik, basanohi bia in baba, in nyaya, in nopa in nohi, si gahoa bal selama ik sanohi gafota,
Gahoa bal dadmoya, gahoa lal dok moya, do mata pia basa dad si do pia basanohi dad moya ! supaya ginau wai gafota damoha sanohi gafota

 KABAU, 24 MARET 2018
IKKB CABANG KEPULAUAN SULA



DAHYAR MASUKU, S,KM


Kabau itu jaya,
kabau itu satu di darat dan dilaut itu sama saja


Tidak ada komentar:

Posting Komentar