Rabu, 30 Mei 2012

WAWASAN IPTEKS (



WAWASAN IPTEKS




















Oleh:
Dahyar Masuku               



Fakultas Kesehatan Masyarakat
Universitas Hasanuddin
Makassar
2012




1.    a.    Perbedaan Seni dan Teknologi
-        Seni menjangkau perasaan manusia, kesenangan intelektual, keindahan terhadap segala sesuatu. 
-        Teknologi ini ditujukan untuk memuaskan kebutuhan dan keinginan manusia, terkadang digunakan untuk menyelesaikan masalah praktis menggunakan berbagai bagian ilmu pengetahuan.
-        Teknologi terkait dengan ide atau pikiran yang tidak akan pernah berakhir
-        Teknologi merupakan kreasi dari manusia, sehingga tidak alami dan bersifat artificial.
-        Teknologi merupakan himpunan dari pikiran (set of means), sehingga teknologi dapat dibatasi atau bersifat universal, tergantung dari sudut pandang analisis.
-        Teknologi bertujuan untuk memfasilitasi human endeavor (ikhtiar manusia).
Jadi, perbedaan seni dan teknologi sebenarnya hanya pada wujud saja, Namun keduanya berangkat dari sumber yang sama

b.      Dan apa hubungannya ?
Teknologi tanpa seni maka tidak ada nilainya Itulah penggalan kata bijak yang biasa diungkapkan, Seni merupakan unsur  penting untuk melengkapi produk Teknologi. jadi Seni itu kreatif dan Teknologi itu kreatif, Keduanya membutuhkan kreativitas. Kreatif itu menemukan nilai-nilai baru yang positif bagi perkembangan manusia. Jadi persamaan teknologi dan seni ada pada kerja kreatifnya,

2.    a.    Peran Interkoneksitas pada Ilmu pengetahuan
Sudut ilmu pengetahuan berada pada peran interkoneksitas dalam segi tiga Ilmu pengetahuan, Teknologi dan seni adalah bahwa manusia sebagai makhluk hidup yang istimewa, maka pemikirannya berkembang dengan adanya akal yang dimilikinya sehingga dengan adanya rasa keingintahuan (kuriositas) merupakan dasar kelahiran ilmu pengetahuan dan seni, yang selanjutnya diterapkan dengan tujuan untuk memuaskan kebutuhan dan keinginan manusia. Ilmu pengetahuan dikembangkan membutuhkan teknologi dan seni begitu pula sebaliknya
b.      Peran Kendali pada teknologi
Frederick Ferre Teknologi, adalah kecerdasan pengalaman praktis tentang ketertiban alam & manusia yg diwujudkan dalam dunia kebendaan dan atau dunia kecerdasan
Teknologi dikembangkan untuk tujuan mengapresiasi keberadaan beragam dunia
c.      Seni berperan sebagai harmoni
Hamka Seni yang setinggi-tingginya adalah ketika telah berkumpul di dalamnya kebenaran, keadilan, dan keindahan yang direkat dalam cinta yg kudus
keindahan serta memiliki karsa yang mendorong manusia untuk bertindak dan berkarya untuk selalu ingin menghasilkan sesuatu hal yang bermanfaat bagi kebaikan umat manusia
Untuk dapat mengapresiasi karya seni diperlukan sejumlah perangkat lunak yang telah diinstalkan terlebih dahulu didalam jiwa pengapresiasi, yaitu :
- Kepekaan analisis dan sintesis dari sensibilitas.
- Intelektualitas dan moralitas (mengukur keindahan).
- Kebenaran (sains).
- Kebaikan (teknologi).

3.    a.    Karya Iptek dalam Kesehatan
-        Ultrasonografi (USG), Adalah teknologi Foursight (4 Dimensi) untuk dapat menghasilkan gambar yang lebih detail, jelas yang digunakan untuk pemeriksaan kehamilan terutama untuk mengetahui Jenis Kelamin Bayi Denyut Jantung Bayi dan beberapa penyakit dalam lainnya.
-        Elektro cardio grapy (EKG) Adalah alat rekam jantung untuk mengetahui bagaimana aktifitas jantung pasien
-        Electro enchephalo graphy (EEG) Merupakan alat untuk merekam aktifitas listrik pada otak manusia sehingga kelainan yang terjadi seputar listrik pada otak dapat terdeteksi dengan akurat.
-        Audiometry Adalah alat untuk mengetahui kelainan pada pendengaran. Dengan alat ini akan diketahui terganggu atau tidaknya pendengaran seseorang serta dimana letak gangguan tersebut
-        Spirometri, Adalah alat pemeriksaan kekeuatan pengembangan paru serta penyumbatan pada saluran pernafasan yang diakibatkan Asthma atau penyakit paru obstruksi kronis.

b.      Komentar
Menurut saya bahwa berbagai karya ipteks yang dihasilkan oleh insan medis dengan tujuan untuk membantu penegakan diagnosa dan menghindari kekeliruan dalam menentukan tindakan serta pemberian terapi kepada pasien, ini merupakan suatu hal yang cukup luar biasa yang allah berikan kepada orang-orang terpilih untuk dapat menciptakan karya lewat ilmu engetahuan yang ia miliki.

c.      Kesimpulan
Kemajuan teknologi seiring dengan perkembangan jaman banyak menawarkan hal-hal baru yang sebelumnya tidak ada, dan rasa nya aneh bagi orang-orang yang tidak memiliki ilmu pengetahuan. Namun demikian seberapa sehabat dan canggihnya teknologi perlu di ingat bahwa semua teknologi diatas adalah alat bantu bukan segala-galanya yang punya segala-galanya adalah Allah SWT.

4.    Nilai-nilai pembelajaran baru.                      
Banyak hal yang telah saya dapati dari pembelajaran berbasis learning pada mata kuliah wawasan ipteks diantaranya adalah :
-        Saling menghargai satu sama lain dalam berdiskusi terutama pada saat menyampaikan pendapat
-        Mempelajari berbagai macam budaya dan kearifan lokal daerah-daerah lain
-        Cara berfikir kritis dalam menyikapi perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi sesuai dengan perkembangan jaman dan bagaimana cara menerapkan ilmu pengetahuan yang ada dalam lingkungan kita sehari-hari.

5.    Kearifan Lokal yang ada di daerah saya adalah
 “ LOM POA DO HOI “
   KUMPUL KELUARGA DEKAT
Kumpul keluarga dekat adalah salah satu kearifan lokal di derah saya dan tetap lestari dari jaman dahulu sampai sekarang, kumpul keluarga dekat bertujuan untuk meringankan beban keluarga yang sedang dalam keadaan kekurangan atau susah tanpa mengharapkan imbalan dari mereka yang kita bantu.
Contohnya :  ada salah satu anggota keluarga yang anaknya ingin melanjutkan pendidikan tetapi orang tua nya tidak mampu atau tidak punya biaya maka dilaksanakan kegiatan Lom Poa Do Hoi untuk memberikan bantuan berupa uang. Begitu pula dengan kegiatan pernikahan dll.



Daftar Pustaka

1.      Tim Dosen Universitas Hasanudin, 2011 Wawasan Ipteks, UPT MKU Unhas
2.      Materi Kuliah Wawasan Ipteks


Tidak ada komentar:

Posting Komentar